KIC: Masyarakat Indonesia Paling Sering Gunakan Media Sosial WhatsApp

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 09/12/2021 17:00 WIB
Durasi Penggunaan Media Sosial dalam Sehari (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tak dapat dipungkiri media sosial telah menyasar ke segala sisi kehidupan dan menjadi 'magnet' bagi banyak orang, termasuk di Indonesia. Dari berbagai macam platform sosial media, masyarakat Indonesia paling banyak menggunakan WhatsApp.

Itu berdasarkan jawaban responden hasil riset Katadata Insight Center (KIC) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Sebanyak 73,9% responden yang menggunakan WhatsApp lebih dari satu jam dalam sehari.

Rinciannya, sebanyak  46,3% responden dan 27,6% responden menggunakan WhatsApp masing-masing selama 1-5 jam dan di atas 5 jam per sehari. Sedangkan, sebanyak 26,1% responden menggunakan platform media sosial tersebut selama kurang dari sejam per sehari.

Selanjutnya, YouTube menjadi platform media sosial yang juga paling banyak digunakan masyarakat dalam negeri. Persentasenya mencapai 70,6% yang menggunakan lebih dari satu jam per sehari. Rinciannya, sebanyak 61,1% responden dan 9,5% responden menggunakan aplikasi tersebut masing-masing selama 1-5 jam dan di atas 5 jam per hari.

Media sosial ketiga yang paling banyak digunakan adalah Facebook. Sebanyak 58,4% responden yang menggunakan media sosial tersebut lebih dari satu jam per hari. Sedangkan, 41,6% responden hanya menggunakan Facebook di bawah satu jam per hari.

Adapun riset ini dilakukan terhadap 11.305 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Riset dilaksanakan pada 14-21 Juli 2021 secara daring dengan pengambilan sampel secara non-probability sampling.

(Baca: Indonesia Pengguna WhatsApp Terbesar Ketiga di Dunia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.