Kalahkan Apple dan Samsung, IBM Miliki Paten Terbanyak pada 2021

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 13/03/2022 12:00 WIB
Perusahaan dengan Paten Terbanyak (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

International Business Machines Corps (IBM) kembali dinobatkan sebagai perusahaan peraih paten terbanyak menurut laporan IFI Claims Patent Services.

Tercatat, sampai tahun 2021 perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu sudah meraih 8.682 paten. Ini merupakan ke-29 kalinya IBM secara berturut-turut dinobatkan sebagai pemilik paten terbanyak.

Jumlah paten yang dimiliki IBM mengalahkan Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan ini tercatat berada di peringkat kedua dengan 6.366 paten.

Di peringkat ketiga ada Canon Inc dengan total 3.021 paten. Kemudian di peringkat keempat ada Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) dengan total 2.798 paten.

World Intellectual Property Organization (WIPO) mendefinisikan paten sebagai hak eksklusif yang diberikan untuk sebuah penemuan.

Paten juga diartikan sebagai hak eksklusif atas suatu produk atau prosedur yang menawarkan cara baru dalam melakukan sesuatu, atau solusi teknis baru untuk suatu masalah.

Paten ini sangat penting untuk mengamankan hasil penelitian dan pengembangan, serta berpotensi memberi keuntungan ekonomi di masa depan.

(Baca: Jumlah Paten Teknologi 5G Huawei Terbanyak Secara Global)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua