Bandeng Laris Jelang Imlek, Ini Daerah Produsen Terbesarnya

Produk Konsumen
1
Monavia Ayu Rizaty 31/01/2022 13:50 WIB
10 Provinsi Penghasil Ikan Bandeng Terbesar (2020)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ikan bandeng menjadi bagian dari tradisi perayaan Tahun Baru Imlek masyarakat Tionghoa, khususnya yang berada di daerah Jakarta, Jawa Barat, dan sekitarnya. Dalam tradisi kuno masyarakat Tionghoa, ikan bandeng menjadi bagian dari ritual persembahyangan ketika Imlek.

Di Indonesia, ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan yang cukup digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Berdasarkan catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) produksi ikan bandeng di Tanah Air sebanyak 330,26 ribu ton pada 2020.

Jawa Timur menjadi wilayah dengan produksi ikan bandeng terbesar mencapai 94,6 ribu ton. Disusul Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah yang masing-masing memproduksi sebanyak 87,4 ribu ton dan 39,16 ribu ton.

Produksi ikan bandeng di Sulawesi Tenggara tercatat sebanyak 26,8 ribu ton. Kemudian, sebanyak 15,3 ribu ton ikan bandeng diproduksi di Jawa Barat. Sementara, produksinya di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebesar 12,5 ribu ton.

Di malam perayaan Imlek, biasanya masyarakat Tionghoa berkumpul satu keluarga di meja makan untuk menikmati ikan bandeng yang telah dimasak. Selain ikan bandeng, ada juga makanan khas Imlek lainnya, yaitu kue keranjang dan mie panjang umur.

(Baca Selengkapnya: Daftar 10 Ikan Hias Akuarium Termahal di Dunia, Ada yang Sampai Rp 5,7 Miliar)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua