71,8% Ibu di Indonesia Sudah Miliki Jaminan Kesehatan

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Dwi Hadya Jayani 22/12/2021 17:30 WIB
Persentase Ibu Memiliki Jaminan Kesehatan (2016-2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, 71,8% ibu di Indonesia memiliki jaminan kesehatan pada 2020. Ini berarti 72 dari 100 ibu telah mempunyai jaminan kesehatan.

Persentase ibu miliki jaminan kesehatan naik dari tahun sebelumnya yang sebesar 68,52%. Jaminan kesehatan yang dimiliki ibu terbanyak berasal dari BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI), yaitu mencapai 52,49%.

Kemudian, sebanyak 35,18% ibu memiliki BPJS Kesehatan Non-PBI. Lalu ada 13,43% ibu yang memiliki jaminan kesehatan daerah (jamkesda) dan 5,12% dari perusahaan/kantor. Adapun, sebanyak 1,31% ibu di Indonesia memiliki asuransi swasta.

Kepemilikan jaminan kesehatan bagi seorang ibu sangat penting karena dapat digunaan untuk memberikan jaminan terhadap kebutuhan pelayanan pengobatan penyakit. Selain itu, jaminan kesehatan untuk ibu dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pemeriksaan kehamilan dan persalinan.

Jaminan kesehatan dapat digunakan untuk mengatasi kondisi ekonomi ibu yang tidak dapat mengakses fasilitas kesehatan karena ketiadaan biaya sehingga jaminan kesehatan tersebut bisa digunakan sebagai pembebasan biaya kesehatan.

(Baca: Bukan Jakarta, Penduduk yang Miliki BPJS di Provinsi Ini Terbanyak Se-Indonesia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua