Penduduk di 10 Provinsi Ini Paling Banyak Berobat Jalan Ketika Mempunyai Keluhan Kesehatan

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Viva Budy Kusnandar 02/12/2021 17:00 WIB
10 Provinsi dengan Persentase Terbesar Penduduk Berobat Jalan Ketika Mempunyai Keluhan Kesehatan (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tidak semua penduduk Indonesia yang mempunyai keluhan kesehatan akan melakukan berobat jalan. Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2021, hanya 40,47% penduduk yang berobat jalan ketika mengalami keluhahan kesehatan.

Penduduk yang berobat jalan ketika mengalami keluhan paling banyak berasal dari Sumatera Barat. Jumlahnya mencapai 55,12% dan bahkan angka tersebut lebih besar dibandingkan dengan rerata nasional.

Selain Sumatera Barat, penduduk di Bali juga banyak yang berobat jalan ketika mengalami mengalami keluhan kesehatan. Angkanya sebanyak 53,31% berada di urutan kedua. Diikuti penduduk Aceh sebanyak 52,34% di posisi ketiga, Daerah Istimewa Yogyakarta 44,29% di urutan keempat, dan DKI Jakarta 44,12% di posisi kelima.

Berikutnya, di urutan kelima ada Jawa Barat dengan 43% penduduknya melakukan berobat jalan ketika mengalami keluhan kesehatan. Provinsi lainnya yang masuk daftar ini, yaitu Nusa Tenggara Barat 43,32%, Gorontalo 43,12%, Sumatera Selatan 42,88%, dan Sulawesi Utara 41,52%.

Sayangnya, sebagian penduduk tidak berobat jalan  meskipun mempunyai keluhan kesehatan. Alasannya, antara lain bisa mengobati sendiri, takut terpapar covid-19, serta tidak punya biaya.

(Baca: 9 Alasan Masyarakat Indonesia Tidak Berobat Jalan Saat Sakit)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.