Survei: Ganjar Pranowo Dinilai sebagai Bacapres yang Paling Peduli Isu Kesehatan

Politik
1
Nabilah Muhamad 11/08/2023 17:12 WIB
Persentase Bacapres yang Dinilai Perhatian terhadap Masalah Kesehatan (Mei 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Komite Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT) bersama Lingkaran Survei Indonesia (LSI), melakukan survei terhadap tiga bakal calon presiden (bacapres) 2024, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. 

Survei berbasis persepsi ini menilai para bacapres yang dianggap paling peduli terhadap isu kesehatan.

Hasilnya, sebanyak 18% responden menilai Ganjar Pranowo sebagai bacapres yang paling perhatian dengan masalah kesehatan. 

Prabowo Subianto dan dan Anies Baswedan yang menyusul di urutan berikutnya, dengan persentase masing-masing sebesar 13,1% dan 11,6%. 

Satu sisi, sebanyak 14,8% responden menilai ketiga bacapres tersebut sama-sama punya perhatian besar terhadap isu kesehatan. 

Ada pula 5,9% responden yang menjawab ketiganya tidak punya perhatian terhadap isu kesehatan. 

Sementara mayoritas atau 36,6% responden tidak menjawab atau tidak tahu.

"Kemungkinan besar ini karena para calon presiden atau bakal calon presiden belum banyak mengangkat tentang isu kesehatan di ruang publik," kata Dosen Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Hendriyani, saat menjabarkan hasil riset dalam konferensi pers virtual, Rabu (9/8/2023). 

Survei ini dilakukan terhadap 800 responden dari berbagai daerah di Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas. Sampel dipilih menggunakan teknik multistage random sampling. 

Data dikoleksi pada periode 2-10 Mei 2023 menggunakan metode wawancara secara langsung (face to face). Adapun margin of error sekira 3,5% dan tingkat kepercayaan 95%. 

(Baca juga: Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo dan Anies Bersaing di Sumbar, Ganjar Tertinggal)

Data Populer
Lihat Semua