Survei Indostrategic: Duet Anies-AHY Raih Elektabilitas Tertinggi

Politik
1
Viva Budy Kusnandar 04/08/2021 15:20 WIB
Simulasi Pasangan Capres-Cawapres Terpopuler Menurut Survei Indostrategic
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Institute for Democracy and Strategic Affair (Indostrategic) menunjukkan, Anies Baswedan – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi pasangan calon presiden - calon wakil presiden dengan elektabilitas tertinggi jika Pilpres dilaksanakan hari ini. Duet Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Umum Partai Demokrat tersebut memiliki tingkat keterpilihan sebesar 20,25%.

Pasangan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Ketua DPR Puan Maharani berada di posisi kedua dengan raihan elektabilitas sebesar 14,65%. Kemudian, pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki elektabilitas sebesar 8,05%.

Kemudian, Ridwan Kamil yang berpasangan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh elektabilitas sebesar 7,35%. Pasangan Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil meraih elektabilitas sebesar 5,13%.

Elektabilitas pasangan AHY - Sandiaga Uno tercatat sebesar 5,05%. Setelahnya ada Ganjar Pranowo - AHY dengan elektabilitas mencapai 4,05%. Sementara, Prabowo - Sandiaga Uno meraih elektabilitas 2,45%.

Indostrategic melakukan survei terhadap 2.400 responden yang tersebar di 34 provinsi pada 23 Maret - 1 Juni 2021. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dalam survei ini sebesar 2%.

(Baca: Survei Indostrategic: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Anies Menyusul)

Data Populer
Lihat Semua