Banyak Anak Muda Mengekspresikan Dukungan Politiknya, Lewat Apa Saja?

Politik
1
Cindy Mutia Annur 16/11/2023 16:09 WIB
Cara Anak Muda Mengekspresikan Dukungan Terhadap Partai Politik atau Capres-Cawapres (Oktober 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil jajak pendapat Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan sebanyak 700 anak muda Indonesia atau 69,7% responden mengekspresikan dukungan terhadap partai politik atau calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pilihannya.

Dukungan itu disalurkan melalui berbagai cara, di antaranya melalui media sosial seperti Instagram atau Facebook (31%), melalui mulut ke mulut (26,3%), dan melalui tatap muka serta menggunakan atribut partai (12,4%).

Namun, survei KIC tersebut juga menemukan masih ada anak muda yang tidak mengekspresikan dukungan politiknya sama sekali, yakni sebanyak 44,2%. Sisanya, 0,5% responden menjawab pilihan ekspresi lainnya.

Survei ekspresi dukungan politik menggunakan pilihan multiple answer (MA) atau boleh memilih lebih dari satu jawaban. Hasil survei dihimpun dalam laporan Politik di Mata Anak Muda: Persepsi dan Kecenderungan Gen Z & Milenial terhadap Capres, Parpol, dan Kampanye Pemilu 2024.

Survei KIC ini dilakukan pada 11-17 Oktober 2023 terhadap 1.005 responden yang tersebar di 34 provinsi Indonesia secara proporsional.

Seluruh responden adalah anak muda, yakni gen Z usia 17-26 tahun (50,4%) dan milenial usia 27-42 tahun (49,6%), yang memiliki nomor telepon seluler.

Survei dilakukan menggunakan data collection tSurvey yang mampu menjangkau responden secara akurat dengan memanfaatkan kapabilitas telco data insight. Survei ini memiliki margin of error sekitar 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Survei KIC: Anak Muda RI Lebih Suka Capres Berlatar Belakang Akademisi)

Data Populer
Lihat Semua