43,9% Pemudik Enggan Isolasi Mandiri saat Tiba di Kampung Halaman

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 13/05/2021 12:00 WIB
Rencana Pemudik Melakukan Isolasi Mandiri saat Tiba di Kampung Halaman
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menunjukkan, ada 5,2% masyarakat yang tetap mudik, meski pemerintah telah melarangnya. Dari jumlah tersebut, 43,9% pemudik mengaku tak akan melakukan isolasi mandiri saat tiba di kampung halaman.

Sebanyak 19,6% responden yang mudik masih belum memutuskan akan melakukan isolasi mandiri atau tidak. Sementara, 36,5% responden akan melakukan isolasi mandiri sesampainya di kampung halaman.

(Baca: Survei: Mayoritas Pemudik Tak Mau Tes Covid-19 Sebelum Pulang Kampung)

Sebaiknya pemudik melakukan isolasi mandiri ketika sampai di kampung halaman masing-masing. Hal tersebut untuk memastikan keluarga tidak tertular virus corona Covid-19. Selain itu, masyarakat diimbau disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

KedaiKOPI menyebar survei pada 1.215 responden di 34 provinsi pada 15-21 April 2021. Sebanyak 1.097 responden di antaranya beragama Islam. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dalam survei ini sebesar ± 2,8% dengan interval kepercayaan 95%.

Data Populer
Lihat Semua