Apa Saja yang Disiapkan Warga Sebelum Mudik Lebaran?

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Nabilah Muhamad 09/04/2024 09:00 WIB
Hal yang Dipersiapkan Responden saat Mudik Lebaran (Februari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Populix, sebanyak 62% responden mengaku berencana mudik Lebaran tahun ini. Alasannya, ini menjadi tradisi yang kerap dilakukan dan responden memang rindu dengan kampung halaman. 

Terdapat sejumlah hal yang dipersiapkan masyarakat sebelum mudik Lebaran. Survei menunjukkan, tunjangan hari raya (THR) untuk keluarga di kampung menjadi hal utama yang dipersiapkan saat mudik, ini dinyatakan oleh 70% responden. 

“Bagi pemudik muslim, mempersiapkan pengeluaran tambahan untuk THR di kampung halaman menjadi hal yang lumrah,” tulis Populix dalam laporannya bertajuk Insights into Indonesia's Eid Al-Fitr: Homecoming & Social Activities. 

Berikutnya, sebanyak 58% responden menyiapkan oleh-oleh untuk anggota keluarga saat pulang kampung. 

Ada pula responden yang membeli kue kering sebanyak 51%, beli baju baru 50%, servis kendaraan 47%, hingga membeli parsel atau hampers Lebaran 30%. 

Sebelum mudik, 26% responden menginformasikan kepergiannya kepada ketua RT/RW setempat. Lalu 21% responden membeli CCTV untuk di rumahnya, 20% membeli tiket perjalanan mudik, dan 9% membeli kendaraan baru. 

Populix menggelar survei ini secara online pada 22-25 Februari 2024 terhadap 1.029 responden di Indonesia. Sampelnya kemudian dikerucutkan menjadi 640 responden yang mengaku akan mudik. 

Mayoritas responden berada di Pulau Jawa (82%), diikuti Pulau Sumatera (12%), dan pulau-pulau lainnya (6%). Responden didominasi oleh kelompok usia 17-25 tahun (40%) dan usia 26-35 tahun (22%).

(Baca: Apa Hidangan Favorit Warga Indonesia Saat Buka Puasa? Ini Surveinya)

Data Populer
Lihat Semua