Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) DKI Jakarta Perlu di Waspadai

Penulis: Dwi Hadya Jayani

8/5/2019, 13.50 WIB

Meskipun tergolong sedang, tetapi nilai ISPU ini juga perlu diwaspadai karena terdapat wilayah yang mendekati atau di ambang batas menuju kategori tidak sehat.

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan, polusi udara di Provinsi DKI Jakarta masuk dalam kategori sedang menurut Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU). Kategori sedang berskala 51-101 yang menunjukkan tingkat kualitas udara yang tidak memberikan efek bagi kesehatan manusia atau hewan, tetapi berpengaruh pada tumbuhan yang sensitif dan nilai estetika.

Baca selengkapnya

Meskipun tergolong sedang, nilai ISPU ini perlu diwaspadai karena terdapat wilayah yang mendekati atau di ambang batas menuju kategori tidak sehat. Jakarta Pusat memiliki nilai ISPU mengkhawatirkan, yaitu senilai 100. Nilai ISPU tertinggi selanjurnya terdapat di Kota Jakarta Timur (81) dan Jakarta Utara (72). Sementara Jakarta Barat yang memiliki nilai 56 dan Jakarta Selatan yang memiliki nilai 59 masih dalam batas aman.

KLHK memiliki sejumlah stasiun pemantau kualitas udara di DKI Jakarta. Di Jakarta Timur terdapat di Jalan Raya Pondok Gede, di Jakarta Utara ada di Kantor Kelurahan Kelapa Gading, dan di Jakarta Selatan di Taman Pendidikan Dinas Pertamanan. Di Jakarta Barat terdapat di Taman Perumahan Kebon Jeruk sedangkan di Jakarta Pusat ada beberapa lokasi, termasuk di dekat Pos Polisi Bundaran HI. 

(Baca Databoks: Inilah 10 Negara Penyumbang CO2 Terbesar 2016

Tampilkan minimal

Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) DKI Jakarta

 
  • Sumber

    Kementerian Lingkungan Hidup - Direktorat Pengendalian Pengendalian Pencemaran Laut dan Udara , Republika Media Mandiri, PT , Detikcom

  • Rilis

    Kementerian Lingkungan Hidup - Direktorat Pengendalian Pengendalian Pencemaran Laut dan Udara , Republika Media Mandiri, PT , Detikcom 8 Mei 2019

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya