Di ASEAN, Ketahanan Pangan Indonesia Di Bawah Vietnam

Agroindustri
02/11/2018 13:35 WIB
Indeks Ketahanan Pangan Negara-Negara Asia Tenggara (2018)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Skor ketahanan pangan Indonesia kalah dibanding dengan negara-negara kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia Bahkan ketahanan pangan nasional di bawah Vietnam. Skor indeks ketahanan pangan global (Global Food Security Index/GSFI) 2018 naik 1,6 poin ke level 54,8. Meskipun skor ketahanan indeks nasional mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya, posisi Indonesia tetap berada di urutan ke-5 dari sembilan negara di kawasan Asia Tenggara seperti terlihat pada grafik di bawah ini.

Singapura masih memimpin ketahanan indeks di ASEAN maupun ditingkat global dengan skor 85,9. Sementara di tingkat global Indonesia berada di posisi ke-65 di bawah Maroko dan Ekuador.

Berdasarkan aspek keterjangkauan, ketahanan pangan Indonesia memperoleh skor 55,2 dan berada diperingkat ke-5 di kawasan Asia Tenggara. Lalu skor dari aspek ketersediaan sebesar 58,2 (peringkat ke-3). Kemudian dari aspek kualitas dan keamanan, Indonesia hanya memperoleh skor 34,5 (peringkat ke-8) sementara dari aspek ketahanan dan sumber daya alam memperoleh skor 43,9 (peringkat ke-9).

 

Data Populer
Lihat Semua