Berapa Jumlah Rekening Simpanan di Perbankan?

Jumlah Rekening Perbankan Menurut Jenis Simpanan per Februari 2017

Sumber : Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), 2017

Disalin..

17/5/2017, 09.09 WIB

Berdasarkan data Lembaga Penjmanin Simpanan, jumlah rekening perbankan nasional pada Februari 2017 mencapai 202,16 juta yang berarti  bertambah 2,12 juta dari bulan sebelumnya. Dari total tersebut, sebanyak 195,39 juta (96,65 persen) rekening masyarakat dalam bentuk tabungan, sekitar 3,86 juta (1,91 persen) berupa deposito, sebanyak 2,9 juta (1,44 persen) berbentuk giro, sisanya berupa deposit on call dan sertifikat deposito.

Pada 8 Mei 2017 pemerintah resmi mengundangkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No.1/2017 terkait dengan akses data keuangan untuk kepentingan perpajakan. Dengan berlakunya Perppu ini Direktorat Jenderal Pajak kini memiliki akses tanpa batas terhadap informasi yang berhubungan dengan data rekening nasabah perbankan maupun lembaga keuangan lainnya. Terbitnya Perppu ini juga menjadi modal untuk aparat pajak untuk meningkatkan penerimaan pajak.

Penerbitan peraturan ini terkait dengan perjanjian pertukaran informasi keuangan otomatis (Automatic Exchange of Financial Account Information/AEoI). Program pertukaran informasi data perbankan ini digalang oleh negara-negara anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), termasuk di Indonesia.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.