Sektor Industri Masih Terpusat di Pulau Jawa

Kontribusi Industri Terhadap PDB Menurut Wilayah

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS), 2016

Disalin..

30/12/2016, 08.13 WIB

Sektor industri di Pulau Jawa mampu memberi kontribusi sebesar 57,99 persen terhadap PDB nasional. Selain itu, sektor industri di Pulau Jawa juga mampu menjadi leading sector dengan kontribusi 29,87 persen terhadap PDRB. Namun demikian, wilayah lain masih belum bisa berkontribusi banyak, Pulau Sumatera dan Kalimantan hanya berkontribusi 23,81 persen dan 8,67 persen.

Berbeda halnya dengan pulau-pulau lain yang berada di wilayah tengah dan timur Indonesia, meskipun wilayah dan potensi alamnya cukup luas, namun kontribusinya terhadap perekonomian nasional masih sangat kecil. Salah satunya disebabkan karena keterbatasan tempat pemusatan kegiatan industri (disebut dengan kawasan industri), sebagai tempat yang berperan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi wilayah.

Keberadaan sektor industri ternyata sangat memengaruhi struktur ekonomi suatu wilayah. Selanjutnya akan berdampak terhadap peningkatan output atau PDRB. Daerah yang memiliki kawasan Industri, relatif lebih memberikan kontribusi PDRB industri yang besar di daerah dan terhadap PDB nasional.

TOPIK

PDB

data terkait