Konsumen Online Indonesia Ternyata Tidak Impulsif

Perilaku Belanja Konsumen Harbolnas 2016

Sumber : Nielsen Indonesia, PT (The Nielsen Company), 2016

Disalin..

22/12/2016, 14.46 WIB

Sebagian besar konsumen digital Indonesia telah merencanakan barang yang akan dibelinya. Riset dari Nielsen Indonesia selama Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 hingga 14 Desember 2016 menyebutkan 53 persen dari responden telah merencanakan dan mengetahui barang yang akan dibelanjakan.

Selanjutnya, 34 persen konsumen Harbolnas yang diriset Nielsen mengatakan mereka telah merencanakan kegiatan belanjanya namun belum menentukan barang apa yang akan dibeli. Sementara itu konsumen yang impulsif atau melakukan pembelian secara tiba-tiba tanpa pertimbangan logis hanya sebesar 13 persen.

Pengumpulan data riset ini dilakukan pada 15 Desember 2016 500 responden di 20 kota besar Indonesia. Responden yang menjadi target merupakan lelaki dan perempuan di atas 15 tahun yang memiliki akses internet. Nielsen menyebutkan penjualan online selama Harbolnas 2016 sebesar Rp 3,3 triliun atau naik 3,9 kali dari tahun lalu.

data terkait