Di Dunia, Kemampuan Inovasi Indonesia Urutan ke-32

Ekonomi & Makro
29/09/2016 11:50 WIB
Top 50 Ranking Inovasi Menurut Negara
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kemampuan inovasi Indonesia menurut laporan Global Competitiveness Index (GCI) 2016-2017 naik satu peringkat menjadi urutan ke 32. Seperti dimuat dalam daftar laporan, di lingkungan Asia Tenggara posisi Indonesia ini lebih baik dibanding Thailand, Filipina, dan Vietnam. Posisi Indonesia kalah dibandingkan Malaysia yang berada di peringkat 20.

Di tingkat global, negara yang dinilai memiliki kemampuan inovasi sangat baik dan berada dalam 5 besar adalah Swiss, Amerika Serikat, Jerman, Jepang dan Swedia. Negara lain seperti Singapura berada di peringkat 12, Taiwan 17, Korea Selatan 22 dan Cina 29.

Secara keseluruhan menurut laporan GCI ini, daya saing Indonesia berada di peringkat 41 atau turun empat peringkat dibanding posisi tahun lalu yang berada di urutan 37. Meski telah banyak dilakukan reformasi, namun secara performance empat negara lain berhasil menggeser posisi Indonesia. Negara tersebut yakni Malta, India, Kuwait dan Azerbaijan.

Beberapa indikator ekonomi Indonesia yang menjadi highligt World Economic Forum adalah produk domestik bruto Indonesia berada di peringkat 10, pilar ekonomi makro di peringkat 30 dan inovasi berada di peringkat 32.

Data Populer
Lihat Semua