Negara dengan Aset Dana Pensiun Terbesar

Keuangan Non Bank
27/09/2016 15:59 WIB
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga dana pensiun di Amerika Serikat tercatat sebagai asal negara dengan total aset terbesar di dunia. Menurut Lembaga Konsultan dan Riset Willis Towers Watson, porsi total aset di Negeri Paman Sam ini mencapai 38,3 persen dari total aset lembaga pensiun di seluruh dunia. Di peringkat kedua, total aset lembaga dana pensiun yakni di Jepang mencapai 12 persen.

Rilis yang dikeluarkan per September 2016 menyebutkan total aset 300 perusahaan/lembaga pengeloa dana pensiun yang berhasil dikumpulkan data per 2015 mencapai US$ 14,8 triliun. Jumlah ini kurang lebih mewakili 42 persen dari total perkiraan aset lembaga keuangan dana pensiun di seluruh dunia.

Dalam laporan tersebut, Willis Towers Watson menyebutkan total aset secara global ini telah turun 3 persen dibanding 2014. Penurunan ini menjadi yang pertama kalinya sejak krisis keuangan global beberapa waktu lalu.

Menurut wilayah, pertumbuhan rata-rata aset selama lima tahun paling tinggi terjadi di Amerika Utara mencapai 4 persen. Wilayah lain seperti Eropa, Asia Pasifik masing-masing sebesar 4 persen dan 1 persen.

Data Populer
Lihat Semua