Berapa Pendanaan yang Sudah Mengucur ke Elevenia?

Teknologi & Telekomunikasi
11/09/2017 16:50 WIB
Pendanaan Elevenia 2014-2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

PT XL Axiata Tbk pada Agustus 2017 telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat untuk melepas seluruh kepemilikan sahamnya di Elevenia (PT XL Planet). Tidak hanya itu, XL Axiata juga melepas seluruh sahamnya di SK Planet Global Holding Pte Ltd (SK Planet) ke PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte Ltd.

Elevenia merupakan e-commerce yang didirikan oleh XL Axiata dan SK Planet (Korea) dengan pendanaan seri A senilai US$ 36,4 juta pada 2014. Kemudian pada tahun berikutnya kembali mendapat kucuran US$ 23,4 juta, lalu pada Januari 2016 juga kembali mendapatkan pendanaan sebesar US$ 50 juta. Total, pendanaan XL Axiata dan SK Planet ke Elevenia sebesar US$ 110 juta atau sekitar Rp 120 miliar.

Masuknya investor raksasa global seperti Alibaba membuat persaingan e-commerce lokal semakin berat. Dua operator terpaksa melepas kepemilikan saham di bisnis e-commerce untuk mengurangi beban keuangannya karena sampai saat ini bisnis online tersebut belum bisa memberikan kontribusi terhadap perusahaan. XL Axiata melepas Elenia dan sebelumnya, Indosat Oredoo juga menghentikan bisnis layanan online nya, yakni Cipika.

 

Data Populer
Lihat Semua