Jelang Ramadan, Penjualan Makanan-Minuman Manis di E-Commerce Meningkat

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 05/03/2024 18:49 WIB
Produk Makanan-Minuman Manis dengan Persentase Kenaikan Kuantitas Penjualan Tertinggi di E-Commerce Indonesia (Februari 2024)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut perusahaan riset pasar Compas, penjualan sejumlah produk makanan dan minuman manis di e-commerce Indonesia meningkat menjelang bulan Ramadan.

Compas meriset produk makanan dan minuman manis yang dijual di sejumlah e-commerce besar dalam negeri, yaitu Shopee, Tokopedia, dan Blibli.

Riset dilakukan dengan metode online crawling atau penelusuran digital. Data yang dikumpulkan adalah kuantitas penjualan produk periode 1-25 Januari 2024, serta periode 1-25 Februari 2024.

Mereka pun menemukan ada sejumlah produk yang mengalami peningkatan penjualan tertinggi pada Februari 2024, yaitu minuman cokelat, selai olesan, dan cokelat kemasan.

Pada Februari 2024 kuantitas penjualan minuman cokelat melesat 75% dibanding bulan sebelumnya (month-on-month/mom) menjadi 158 ribu produk.

Kemudian kuantitas penjualan selai olesan naik 49% (mom) menjadi 377 ribu produk, dan kuantitas penjualan cokelat kemasan naik 48% (mom) menjadi 860 ribu produk.

"Kami memahami masyarakat yang tengah bersiap-siap untuk memasuki bulan Ramadan, di Indonesia sendiri terdapat tradisi untuk konsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa," kata Co-Founder dan CEO Compas Hanindia Narendrata dalam siaran pers, Jumat (1/3/2024).

(Baca: Survei Kurious: Ini Merek Sirop Terlaris saat Ramadan)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua