Pemerintah Indonesia Paling Dipercaya Publik

Politik
19/07/2017 12:51 WIB
Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Pemerintah
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah tertinggi. Berdasarkan data Gallup World Poll (GWP) dalam laporan Government at a Glance 2017 Organization for Economic Co-operation and Development/OECD) menunjukkan bahwa 80 responden menyatakan pemerintah memenuhi indikator pencapaian sektor publik (pemerintah). Hasil ini membuat tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap pemerintah merupakan yang tertinggi (bersama Swiss) dibanding negara-negara anggota OECD dan beberapa negara pasar berkembang.  

Menteri Keuangan Sri Mulyani, melalui siaran persnya mengatakan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dipengaruhi beberapa faktor. Faktor-faktor itu, di antaranya, masyarakat menganggap pemerintah dapat diandalkan, cepat tanggap, adil. Selain itu juga dianggap mampu melindungi masyarakat dari risiko sekaligus memberikan pelayanan publik secara efektif.

GWP merupakan lembaga survei yang berbasis di Amerika Serikat. Riset ini mengukur tingkat kepercayaan terhadap pemerintah pada anggota OECD dan juga negara-negara lainnya. 

Data Populer
Lihat Semua