Indonesia Masuk Daftar Negara Paling Ramah Sedunia 2022

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Annissa Mutia 19/09/2022 12:20 WIB
The Ease of Settling In Index 2022
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia masuk daftar teratas negara paling ramah sedunia berdasarkan survei Expat Insider 2022 versi Internations. Pada tahun sebelumnya Indonesia berada di posisi ke-7 negara teramah.

InterNastions merupakan sebuah jaringan ekspatriat global terbesar di dunia, dengan anggota mencapai 4,5 juta orang yang tersebar di 420 kota di seluruh dunia. InterNastions memiliki kantor resmi di Munich, Jerman.

Mengutip laporan survei Expat Insider 2022, Meksiko merupakan negara paling ramah sedunia menurut 90% responden orang ekspatriat yang disurvei. Internations menyebut, sebanyak 89% responden menganggap penduduk Meksiko ramah terhadap orang asing.

Keramahan ini juga tampaknya membantu ekspatriat dengan mudah menemukan teman lokal di negara tersebut. Tiga dari empat responden di Meksiko (75%) mempertimbangkan mudah mendapatkan teman lokal, 33 poin persentase lebih banyak dari rata-rata global (42%). 

Indonesia mengikuti tepat di belakang Meksiko sebagai negara paling ramah kedua di dunia. Sebanyak 90% responden juga menganggap penduduk Indonesia ramah. Kemudian, ekspatriat di Indonesia juga mudah membuatnya teman lokal (71%). Hanya 16% ekspatriat yang mengatakan berteman dengan ekspatriat lain ketika di Indonesia.Berikut negara paling ramah sedunia menurut Internationas.

  1. Meksiko
  2. Indonesia
  3. Filipina
  4. Brazil
  5. Oman
  6. Taiwan
  7. Portugal
  8. Kenya
  9. Vietnam
  10. Spanyol

Survei Expat Insider 2022 dilakukan oleh InterNations, berlangsung dari 1 hingga 28 Februari 2022. Metode penelitian dengan menyebarkan kuesioner secara online ke komunitas InterNations. Target audiens termasuk semua jenis ekspatriat, yang terdiri dari karyawan yang dikirim untuk tugas perusahaan di luar negeri dan juga ekspatriat yang memutuskan untuk pindah ke negara lain. 

Survei ini didasarkan pada tiga subkategori dengan dua atau tiga faktor penilaian masing-masing. Responden diminta untuk menilai setiap faktor pada skala 1 sampai 7.

Subkategori Keramahan Lokal didasarkan pada keramahan penduduk lokal dan keramahan mereka terhadap penduduk asing. Penilaian termasuk kemudahan dalam menemukan teman lokal dan kepuasan dengan kehidupan sosial mereka. Untuk subkategori ini, responden juga ditanya apakah mereka memiliki jaringan dukungan pribadi di negara mereka saat ini tempat tinggal. Terakhir, Subkategori Budaya dan Penerimaan meliputi perasaan betah, merasa diterima, dan terbiasa terhadap budaya lokal.

(baca: RI Masuk Daftar Negara dengan Gedung Pencakar Langit Terbanyak)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.