Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota dan Daihatsu masih menjadi penguasa pasar kendaraan di Indonesia. Kedua pabrikan tersebut menguasai lebih dari separuh penjualan mobil di tanah air.
(Baca: Gaikindo: Penjualan Mobil Turun Tipis 3,4% per Februari 2022)
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil Toyota dari showroom ke pembeli (retail sales) mencapai 44.093 unit untuk periode Januari-Februari 2022.
Dengan demikian pangsa pasar Toyota dalam dua bulan pertama tahun ini sebesar 29,68% dari total penjualan mobil domestik sebanyak 148.556 unit.
Begitu pula penjualan mobil Daihatsu mencapai 30.628 unit (20,6%) pada periode Januari-Februari 2022. Alhasil, kedua pabrikan otomotif Jepang tersebut menguasai 50,3% penjualan mobil di Indonesia.
Pabrikan otomotif Jepang lainnya, yakni Mitsubishi Motor mampu menjual 20.650 unit (13,9%), dan Honda berhasil menjual 16.205 unit (10,9%), serta Suzuki sebanyak 13.465 unit (9,1%).
Adapun pabrikan otomotif di luar Jepang yang masuk dalam daftar 10 besar adalah Wuling dengan penjualan dalam dua bulan pertama tahun ini sebanyak 3.632 unit (2,4%) serta Hyundai-Hmid sebanyak 2.420 unit (1,6%).
Ke-10 pabrikan otomotif tersebut menguasai 97,4% penjualan mobil di tanah air.