Penjualan eceran e-commerce global menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Ini tercermin dari nilai transaksi e-commerce yang diperkirakan akan naik lebih dari 230 persen pada 2021 menjadi US$ 4,48 triliun atau setara Rp 60.467 triliun dari posisi 2014 yang baru mencapai US$ 1,8 triliun.
Belanja online merupakan aktivitas yang populer saat ini diseluruh dunia, terutama di kalangan anak muda. Selain sebagai pengalaman baru yang menarik, harga barang yang dibeli juga lebih murah dibanding jika beli di secara konvensional. Selain itu, belanja lewat internet juga tidak mengenal batas wilayah dan dapat dibeli dari manapun.
Pembelian barang secara online masih didominasi melalui personal komputer atau laptop. Namun, seiring perkembangan penetrasi smartphone di seluruh dunia, telepon pintar akan menguasai transaksi e-commerce global. Sementara pangsa pasar e-commerce Indonesia pada 2015 sebesar US$ 1,6 miliar atau baru mencapai 1,2 persen dari total penjualan ritel domestik senilai US$ 145,83 miliar.