Laporan Data.ai menunjukkan, durasi kunjungan aplikasi belanja online oleh pengguna smartphone atau tablet di Indonesia mencapai 9,63 miliar jam pada 2023.
Angka itu ambrol 14,5% dari periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy) yang sebanyak 11,26 miliar jam pada 2022. Capaian pada 2022 ini menjadi yang tertinggi selama empat tahun terakhir.
Sebelumnya pada era pandemi Covid-19, yakni 2020 dan 2021 angkanya masing-masing tercatat sebesar 6,83 miliar jam dan 10,30 miliar jam.
Tim riset menilai, dalam skala yang lebih luas, kontraksi pertumbuhan ekonomi yang terjadi berpengaruh terhadap durasi kunjungan aplikasi belanja online.
(Baca juga: Aplikasi Belanja Online Paling Banyak Digunakan, Ini Dia Juaranya)
Secara tren global pun beberapa pasar ritel terbesar seperti China dan Amerika Serikat mengalami penurunan waktu yang dihabiskan pada 2023. Namun negara lain justru melawan tren ini.
Tim riset menjelaskan, negara yang memimpin dalam pertumbuhan durasi kunjungan belanja online tahunan adalah Brasil (+31% yoy), Australia (+13%), dan Meksiko (+7%).
(Baca juga: Durasi Penggunaan Ponsel di Indonesia Cenderung Meningkat Semenjak Pandemi)