Menurut laporan Status Literasi Digital Indonesia 2021 yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC), Shopee merupakan aplikasi layanan belanja online yang paling banyak digunakan masyarakat.
Dari 10 ribu responden yang disurvei, sebanyak 74,7% di antaranya memasang dan menggunakan aplikasi Shopee di ponsel mereka.
Kemudian Lazada digunakan oleh 45,6% responden, Tokopedia 18,6%, Bukalapak 6,1%, diikuti BliBli dan JD.ID masing-masing 1,4%.
Ada juga 26,3% responden yang tidak menggunakan satupun layanan belanja online tersebut.
Survei ini juga menemukan mayoritas atau 37,9% responden melakukan belanja online tiap beberapa bulan sekali.
Diikuti oleh responden yang belanja online 1 kali sebulan 27,6%, dan 2-3 kali sebulan sebanyak 14%.
Survei dilakukan terhadap 10 ribu responden yang tersebar di seluruh Indonesia pada Oktober 2021. Kriteria responden berusia antara 13-70 tahun serta pernah mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.
Metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling dengan teknik home visit di area survei. Tingkat margin of error survei ini kurang lebih 0,98% pada tingkat kepercayaan 95%.
(Baca Juga: E-Commerce Terpopuler di Kalangan Anak Muda, Siapa Juaranya?)