Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Shopee merupakan toko online dengan pelanggan terbanyak di dalam negeri pada awal 2023.
Dari 8.510 orang yang disurvei, mayoritas atau 56,04% sering menggunakan layanan Shopee.
Kemudian yang sering menggunakan layanan Lazada ada 32,72%, Tokopedia 12,8%, TikTok Shop 8,29%, dan Bukalapak 2,84%.
Pelanggan layanan toko online lain, seperti BliBli, JD.ID, Facebook Marketplace, Klik Indomaret, dan lain-lainnya sangat sedikit dengan proporsi kurang dari 1%.
Sementara, ada pula 48,73% responden yang tidak tahu atau tidak pernah mengakses layanan toko-toko online tersebut.
(Baca: Apa yang Memotivasi Konsumen untuk Belanja Online? Ini Hasil Surveinya)
APJII juga menemukan ada sebagian kecil responden, yakni sekitar 2%, yang sering menggunakan layanan toko online dari luar negeri.
Toko-toko luar negeri dengan pelanggan terbanyak di Indonesia adalah Amazon (1,63%), AliExpress (1,33%), eBay (0,87%), BestBuy (0,6%), Alibaba (0,06%), dan Zalora (0,01%).
APJII melakukan survei ini terhadap 8.510 responden yang tersebar di 38 provinsi Indonesia, dari Aceh sampai Papua Pegunungan.
Survei dilakukan pada 10-27 Januari 2023 dengan teknik multistage random sampling dan wawancara menggunakan kuesioner, di mana responden bisa memilih lebih dari satu jawaban (multiple answers). Datanya memiliki margin of error 1,14% dengan tingkat kepercayaan 95%.
(Baca: Banyak Konsumen Indonesia Pakai PayLater untuk Belanja dan Bayar Listrik)