Banyak Konsumen Indonesia Pakai PayLater untuk Belanja dan Bayar Listrik

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 22/06/2023 19:50 WIB
Tujuan Responden Menggunakan PayLater (2022)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei kolaborasi Kredivo bersama Katadata Insight Center (KIC), dari 3.656 orang Indonesia, hampir separuhnya atau 1.679 orang (45,9%) pernah menggunakan layanan PayLater.

Hal itu tercatat dalam laporan bertajuk Perilaku Konsumen e-Commerce Indonesia 2023: Pemulihan Ekonomi dan Tren Belanja Pasca Pandemi.

“Sebesar 45,9% konsumen sudah menggunakan PayLater dengan mayoritas untuk membeli barang secara online, membayar tagihan bulanan, dan membeli pulsa serta paket data internet," kata tim Kredivo dan KIC dalam laporannya.

Dari kelompok responden pengguna PayLater, 88,8% di antaranya menggunakan layanan tersebut untuk belanja produk secara online. PayLater juga digunakan untuk membayar tagihan listrik dan air bulanan oleh 43,8% responden.

Ada pula 42% responden yang menggunakan PayLater untuk membeli pulsa dan paket data internet, 12% untuk memesan tiket transportasi pesawat atau kereta api, dan 7,7% untuk memesan kamar hotel.

Survei itu juga menemukan, kategori barang yang paling banyak dibeli menggunakan PayLater adalah fashion, perlengkapan rumah tangga, serta perawatan tubuh dan kecantikan.

Kredivo dan KIC melakukan survei ini kepada 1.679 responden pengguna PayLater yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Laporan lengkap mengenai survei dapat diakses dan diunduh melalui tautan ini.

(Baca: E-Wallet, Metode Pembayaran Digital yang Paling Banyak Digunakan Warga RI saat Belanja Online)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua