E-Wallet, Metode Pembayaran Digital yang Paling Banyak Digunakan Warga RI saat Belanja Online

Produk Konsumen
1
Nabilah Muhamad 20/06/2023 19:07 WIB
Proporsi Pilihan Metode Pembayaran Digital yang Digunakan Responden saat Belanja di E-Commerce (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Terdapat beragam metode pembayaran dalam berbelanja online yang disedikan oleh e-commerce. Mulai metode tunai atau cash on delivery (cod), transfer bank, bayar ke supermarket, e-wallet, hingga PayLater yang lebih fleksibel.

Dari jamaknya metode pembayaran itu, mana yang paling banyak dipilih konsumen?

Kredivo bersama Katadata Insight Center (KIC) melakukan survei bertajuk Indonesian e-Commerce Consumer Behavior Report 2023. Dalam laporan ini, ditunjukkan soal tren perilaku pembayaran konsumen dalam berbelanja online.

Hasilnya, pembayaran menggunakan e-wallet sebagai metode yang paling banyak dipilih, yakni mencapai 84,3% responden.

Persentase tersebut meningkat pesat pada 2023 dari periode tahun sebelumnya (year-on-year/yoy) yang memperoleh 60,9% pada 2022.

Lalu pembayaran tunai atau cash on delivery (cod) masih banyak digunakan responden dalam setahun terakhir. Meskipun pembayaran digital sudah beragam, namun sebanyak 61,4% responden masih memilih metode ini.

Adapun transfer bank atau virtual account di urutan ketiga sebagai metode pembayaran digital yang banyak digunakan responden, yakni 47,8%.

Kemudian PayLater menyusul dengan perolehan 45,9%. Metode pembayaran digital ini bertumbuh paling pesat dari metode pembayaran lainnya, yakni meningkat sebesar 64,3% dari periode sebelumnya (yoy) hanya 28,2%.

"Kepopuleran PayLater dibandingkan kartu kredit adalah pengajuan yang lebih mudah sehingga membuat masyarakat lebih mudah menjangkaunya," tulis Kredivo dan KIC dalam laporannya.

Sementara pembayaran digital menggunakan kartu debit dan kartu kredit berada di urutan terbawah, seperti yang terlihat pada grafik.

Survei ini dilakukan pada pada 9.239 responden yang terdiri dari responden umum sebanyak 3.656 responden dan pengguna Kredivo sebanyak 5.583 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Koleksi data dilakukan pada periode 18-31 Maret 2023 menggunakan metode survei online.

(Baca juga: Pulsa dan Voucher Jadi Produk yang Paling Banyak Dibeli Konsumen di E-Commerce)

Data Populer
Lihat Semua