Pulsa dan Voucher Jadi Produk yang Paling Banyak Dibeli Konsumen di E-Commerce

Produk Konsumen
1
Nabilah Muhamad 16/06/2023 16:28 WIB
Proporsi Konsumen yang Bertransaksi di E-Commerce Berdasarkan Kategori Produk (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Katadata Insight Center (KIC) bersama Kredivo menemukan bahwa kategori produk yang banyak dibeli konsumen melalui e-commerce adalah pulsa dan voucher.

Temuan tersebut tertuang dalam hasil riset bertajuk Laporan Perilaku Konsumen e-Commerce Indonesia 2023: Pemulihan Ekonomi dan Tren Belanja Pasca Pandemi.

Tim riset menyebut, sepanjang 2022, terdapat 24,9% konsumen yang membeli produk dengan kategori pulsa dan voucher. Rincian produk yang paling banyak dibeli dari kategori tersebut adalah pulsa (47,4%), paket data internet (22,1%), dan tagihan listrik PLN (16,6%).

"Mayoritas konsumen masih memiliki kebutuhan yang tinggi terhadap pulsa dan paket data seiring meningkatnya penggunaan internet," tulis KIC dalam laporannya.

Kategori fashion dan aksesorisnya menyusul di urutan kedua sebagai produk yang banyak dibeli konsumen melalui e-commerce, yakni sebanyak 16,3%.

Lalu diikuti oleh kategori kesehatan dan kecantikan sebesar 14,3% dan kategori peralatan rumah tangga sebesar 10%. Sisanya, terlampir pada grafik.

Jumlah transaksi tertinggi dari konsumen laki-laki maupun perempuan sama-sama pada kategori pulsa dan voucher.

Selain itu, laporan KIC bersama Kredivo ini juga menunjukan jika konsumen laki-laki cenderung lebih sering melakukan transaksi pada kategori gadget dan aksesoris, olahraga, mainan, dan hobi.

Sementara konsumen perempuan lebih banyak melakukan transaksi pada kategori fashion dan aksesorisnya, kesehatan dan kecantikan, makanan, serta anak dan baik.

Adapun survei ini dilakukan pada sampel pengguna Kredivo yang melakukan transaksi di e-commerce sebanyak 2,2 juta sampel pengguna yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jumlah sampel populasi terdiri dari 59,7% responden laki-laki dan 40,3% responden perempuan.

(Baca juga: Ini Rata-rata Uang yang Dirogoh Warga RI saat Bertransaksi Online)

Data Populer
Lihat Semua