Menurut survei perusahaan e-logistik Ninjavan, Shopee merupakan platform belanja online lewat siaran langsung atau live shopping paling disukai di Asia Tenggara pada 2022.
Live shopping Shopee digunakan oleh 27% responden di Asia Tenggara, paling tinggi dibanding para pesaingnya.
Responden yang biasa live shopping lewat Facebook mencapai 25,5%, kemudian TikTok 22,5% Lazada 15%, dan Instagram 7%.
Adapun sarana live shopping yang paling sedikit digunakan di Asia Tenggara adalah YouTube dengan 3% responden.
Namun, jika dirinci per negara, urutan platform favoritnya berbeda-beda.
Di Indonesia misalnya, sarana live shopping terfavorit adalah TikTok dengan persentase 27,5% responden, sedangkan Shopee menempati peringkat kedua dengan 26,5%.
Sejumlah negara yang paling banyak menggunakan Shopee untuk live shopping adalah Singapura (33,7%), Filipina (30,3%), dan Malaysia (25,2%).
Survei ini juga menemukan bahwa 1 dari 3 responden merupakan penjual barang yang biasa menggunakan fitur siaran langsung (livesellers). Mereka menghabiskan waktu hingga 6 jam setiap minggu untuk melakukan sesi penjualan.
Ninjavan melakukan survei ini terhadap 1.186 responden di Asia Tenggara pada November 2022. Rinciannya, 316 orang berasal dari Indonesia, Malaysia 224 orang, Singapura 204 orang, Vietnam 155 orang, Filipina 153 orang, dan Thailand 134 orang.
(Baca: Survei Jakpat: Shopee Rajai Penggunaan Live Shopping di Indonesia)