Survei Jakpat: Shopee Rajai Penggunaan Live Shopping di Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 06/07/2022 14:40 WIB
Platform Belanja Online Lewat Siaran Langsung Paling Banyak Digunakan (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Jajak Pendapat (JakPat) menunjukkan bahwa 83,7% masyarakat Indonesia pernah menonton di fitur belanja online lewat siaran langsung alias live shopping.

Tercatat, pengguna live shopping di Shopee menjadi yang terbanyak di Indonesia, yaitu mencapai 83,4%. TikTok menempati peringkat kedua dengan persentase sebanyak 42,2%. Berikutnya, sebanyak 34,1% responden mengatakan menggunakan Instagram untuk live shopping.

Berikutnya, Tokopedia dan Facebook menempati peringkat ke-4 dan ke-5. Sebanyak 30,4% responden menggunakan Tokopedia dan  25,9% menggunakan Facebook untuk live shopping.

Kemudian, terdapat masing-masing sebanyak 20,5% responden mengatakan melakukan live shopping lewat Lazada dan Bukalapak. Ada pula sebanyak 5,2% responden yang melakukan live shopping di JD.ID dan 0,5% di platform lainnya.

Ada beberapa produk yang paling sering ditonton pada saat live shopping berlangsung, di antaranya berupa pakaian (82,6%), produk kecantikan (47,2%), peralatan rumah tangga (39,3%), makanan (30,7%), tanaman (9,8%), dan lainnya (4,9%).

Survei itu juga mencatat, sebagian besar atau 55% responden  mengatakan pernah membeli barang dari live shopping. Sementara itu, 45% di antaranya belum pernah membeli.

Adapun survei Jakpat tersebut dilakukan terhadap 2.712 responden pada 5 Juni 2022. Survei dilakukan melalui aplikasi Jakpat.

(Baca: Ini Deretan Produk yang Paling Banyak Dibeli dari Belanja Online di Live Streaming)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.