Apa Tema Newsletter Pilihan Masyarakat Global?
- A Kecil
- A Sedang
- A Besar
Model buletin (newsletter) melalui surat elektronik makin marak digunakan media massa di berbagai belahan dunia. Pasalnya, newsletter dianggap mampu menumbuhkan kebiasaan dan loyalitas pembaca media massa, meski berteknologi rendah dan ketinggalan zaman.
Reuters Institute mencatat, mayoritas atau 60% responden di seluruh dunia memilih newsletter yang terkait dengan berita umum harian. Sebanyak 38% responden memilih newsletter yang berisikan berita lokal. Lalu, 23% responden memilih newsletter yang terkait dengan bisnis.
Responden yang memilih newsletter bertemakan sains/lingkungan dan olahraga masing-masing sebesar 20%. Sebanyak 19% responden memilih newsletter tentang isu teknologi. Sedangkan, 15% responden mengambil newsletter yang berkaitan dengan pekerjaan mereka masing-masing.
(Baca: Portal Berita di Amerika Serikat Paling Banyak Miliki Pelanggan Berbayar)
Secara keseluruhan, 96% responden mengakses lebih dari satu atau lebih newsletter yang terjadwal rutin. Notifikasi newsletter melalui surel ini paling banyak diakses responden berusia 55 tahun ke atas.