Katadata Insight Center (KIC) bersama OMG Indonesia dan Trend Watching merilis laporan riset kolaborasi yang bertajuk Indonesia Middle Class in Motion: Smarter Choice, Wiser Spending.
Salah satu objek yang diriset adalah persepsi kelas menengah tentang merek-merek yang dianggap dekat dengan gaya hidup ramah lingkungan.
Di sektor e-commerce, merek yang paling banyak diasosiasikan dengan gaya hidup tersebut adalah Shopee, dengan persentase mencapai 56,5%.
Berikut daftar e-commerce yang dianggap dekat dengan gaya hidup ramah lingkungan, menurut survei KIC:
- Shopee: 56,5%
- Tokopedia: 12,2%
- TikTok Shop: 11,5%
- Facebook Marketplace: 5,3%
- Sociolla: 3,8%
Survei ini dilakukan terhadap 463 responden di Indonesia yang berusia 17–59 tahun.
Seluruh responden tergolong kelas menengah, dengan pengeluaran bulanan antara Rp2 juta hingga Rp10 juta per kapita.
Pengumpulan data dilakukan pada 4–13 November 2025 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI).
Laporan lengkap Indonesia Middle Class in Motion: Smarter Choice, Wiser Spending, dapat diunduh di sini.
(Baca: Pengunjung Situs Shopee, Tokopedia, dan Lazada Meningkat pada Oktober 2025)