Menurut riset Compas.co.id, nilai total penjualan produk fast-moving consumer goods (FMCG) di e-commerce dalam negeri mencapai Rp61,8 triliun pada periode Januari-Oktober 2024.
Riset ini dilakukan menggunakan metode online crawling atau penelusuran digital terhadap penjualan produk FMCG di Shopee dan Tokopedia.
Kategori yang mencetak nilai penjualan tertinggi pada periode tersebut adalah produk perawatan dan kecantikan, yaitu Rp31,9 triliun atau 51,6% dari total penjualan FMCG di Shopee dan Tokopedia.
Kategori perawatan dan kecantikan juga selalu menyumbang nilai penjualan terbesar saat promo tanggal kembar 10.10 dan 11.11, dengan kontribusi sekitar 60% terhadap total penjualan produk FMCG pada momen tersebut.
"Dengan menggunakan data historikal sejak 2022 dan metode regresi linear, kami memprediksi nilai penjualan perawatan dan kecantikan akan kembali meningkat 17% pada 2025," kata Co-founder dan CEO Compas.co.id Hanindia Narendrata dalam siaran pers, Senin (6/1/2025).
Kemudian penjualan produk FMCG kategori makanan dan minuman mencapai Rp14,1 triliun (22,8%); produk kesehatan Rp9,6 triliun (15,5%); serta produk ibu dan bayi Rp6,2 triliun (10%).
"Dengan insight ini, Compas.co.id berharap brand dapat mencatatkan peningkatan baik dari nilai penjualan maupun jumlah produk terjual di tahun mendatang," kata Narendra.
(Baca: Nilai Transaksi Harbolnas 2024 Tembus Rp31,2 Triliun, Meroket 21%)