Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) menemukan, terdapat 88% konsumen Indonesia yang masih menggunakan fitur pencarian produk manual di e-commerce meski telah mencari melalui live shopping. Sisanya, 12% tidak melakukannya.
Dihimpun berdasarkan alasan yang masih menggunakan pencarian, terbesar adalah karena dapat membaca ulasan atau review dari pengguna lain, dipilih oleh 68% responden.
Selanjutnya, dapat membaca deskripsi atau spesifikasi produk terlebih dahulu, dipilih 64% responden.
Kemudian, konsumen dapat berbelanja tanpa menunggu sesi live shopping, dipilih 51%.
Lalu ada 35% responden yang memilih mencari manual di fitur pencarian karena merasa lebih nyaman.
Ada pula 16% responden yang merasa produk di live shopping kurang beragam, sehingga memilih mencari sendiri.
Terakhir, ada 13% responden yang masih bingung dengan pencarian di live shopping. Adapun alasan lainnya terhimpun sebanyak 1%.
Sebagai catatan, survei ini menggunakan metode pertanyaan multiple answer, sehingga responden bisa memilih lebih dari satu jawaban.
Survei alasan penggunaan fitur pencarian e-commerce ini melibatkan 1.222 responden. Namun, responden secara utuh dalam survei ini sebanyak 1.381 orang yang terdiri atas 62% perempuan dan 38% laki-laki.
Karakter responden berusia 18-44 tahun, berasal dari berbagai kelas sosial-ekonomi, dan pernah belanja live shopping dalam setahun terakhir.
Responden tersebar di 10 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, Denpasar, dan Makassar. Survei dilakukan secara online pada 5-18 November 2024.
(Baca juga: Hal yang Dilakukan Pembeli saat Interaksi dengan Host Live Shopping)