Live shopping merupakan salah satu fitur di media sosial hingga marketplace yang memungkinkan penjual memasarkan produk secara langsung sambil berinteraksi dengan pembeli.
Melalui live shopping, calon pembeli dapat berinteraksi dengan host untuk menanyakan hal-hal terkait produk yang dijual.
Survei Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, menanyakan deskripsi atau spesifikasi produk menjadi aktivitas yang paling sering dilakukan responden pada sesi live shopping. Tercatat, ada 79% responden yang sering dan selalu melakukan hal tersebut.
Berikutnya, 78% responden lebih sering berinteraksi dengan host live shopping saat ada produk yang menarik perhatiannya.
Ada pula responden yang sering berinteraksi untuk menanyakan promo atau diskon (71%); menanyakan gratis ongkos kirim (68%); serta saat ada produk yang diincar (67%).
"Sementara basa-basi dengan host merupakan yang paling jarang dilakukan saat berinteraksi dengan host," tulis KIC dalam laporan bertajuk Consumer Behavior on Live Shopping November 2024.
Tercatat, hanya 33% responden yang sering dan selalu basa-basi dengan host saat live shopping. Sementara 67% responden justru tidak pernah dan jarang melakukan hal tersebut.
Survei ini juga menemukan, mayoritas atau 54% responden baru melakukan pembayaran sebelum sesi live shopping berakhir.
"Kecenderungan melakukan pembayaran saat sesi live shopping masih berlangsung terlihat dominan pada konsumen Perempuan serta berasal dari Jakarta," tulis KIC.
Sebaliknya, ada 46% responden yang baru melakukan pembayaran setelah sesi live shopping berakhir.
KIC melakukan survei ini secara online pada 5-18 November 2024 terhadap 1.381 responden. Responden terdiri dari perempuan 62% dan laki-laki 38%.
Karakter responden berusia 18-44 tahun, berasal dari berbagai kelas sosial-ekonomi, dan pernah belanja live shopping dalam setahun terakhir.
Responden tersebar di 10 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, Denpasar, dan Makassar. Responden terdiri atas perempuan 62% dan laki-laki 38%.
(Baca: Jenis Produk Lokal yang Diminati Konsumen Live Shopping)