Live shopping merupakan salah satu fitur di media sosial hingga marketplace yang memungkinkan penjual memasarkan produk secara langsung sambil berinteraksi dengan pembeli.
Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, mayoritas atau 63% responden menonton live shopping hingga produk incarannya selesai diulas.
Lalu 56% responden menyaksikan live shopping sampai mendapatkan penawaran terbaik. Disusul 23% responden yang menonton hingga rasa penasarannya habis.
Ada pula responden yang menonton live shopping sampai sesinya dirasa tidak menarik (15%); menyaksikan sepanjang host melakukan sesi live streaming (13%); sampai bosan (10%); dan lainnya (0,4%).
KIC melakukan survei ini secara online pada 5-18 November 2024 terhadap 1.381 responden. Responden terdiri atas perempuan 62% dan laki-laki 38%.
Karakter responden berusia 18-44 tahun, berasal dari berbagai kelas sosial-ekonomi, dan pernah belanja live shopping dalam setahun terakhir.
Responden tersebar di 10 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, Denpasar, dan Makassar. Responden terdiri dari perempuan 62% dan laki-laki 38%.
Sebagai catatan, pertanyaan survei ini menggunakan pilihan multiple answer, sehingga responden dapat memilih lebih dari satu jawaban.
(Baca juga: Ini E-Commerce dengan Fitur Live Streaming Terbaik untuk Jualan)