Compas melakukan riset tentang persaingan merek deodoran di e-commerce Indonesia selama periode 18-25 September 2024.
Dengan metode online crawling atau penelusuran digital, Compas menghimpun data penjualan deodoran dari toko official maupun non-official di Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan TikTok Shop dengan rating produk minimal bintang 4.
Hasilnya, mereka menemukan nilai penjualan deodoran di e-commerce lokal pada 18-25 September 2024 turun 7% dibanding periode sama tahun lalu (year-on-year/yoy).
Adapun merek deodoran lokal Jennskin Tamanu Oil meraih pangsa pasar tertinggi, yaitu 12,3% dari total nilai penjualan deodoran di e-commerce lokal pada 18-25 September 2024.
Deodoran merek Nivea menempati posisi kedua dengan pangsa pasar 11,1%, diikuti Deorex 7,9%, dan Perspirex 6,8%.
Sementara merek deodoran lainnya seperti M.B.K, Rexona, SSSKIN, Lady Speed Stick, Posh, dan Grace and Glow meraih pangsa pasar kurang dari 5% seperti terlihat pada grafik.
(Baca: Jumlah Pengunjung Situs E-Commerce Indonesia Agustus 2024)