Perusahaan riset pasar Compas, merilis daftar merek foundation terlaris di sejumlah e-commerce Indonesia periode semester I 2024.
Riset ini menggunakan metode crawling atau penelusuran digital periode Januari-Juni 2024. Data yang dikoleksi berupa penjualan dari toko official maupun non-official di Shopee, Tokopedia, dan TikTok Shop dengan rating minimal bintang 4.
Hasilnya, 8 dari 10 merek foundation terlaris di e-commerce diisi oleh merek-merek lokal. Hanya ada dua merek yang berasal dari luar negeri, yaitu Skintific dan Maybelline.
Somethinc menempati puncak dengan pangsa pasar sebesar 8,6% dari total volume penjualan foundation di e-commerce pada semester I 2024.
Berikutnya ada Wardah yang meraih pangsa 7,1%, disusul Skintific dengan 6%, Oh My Glam atau OMG 5%, dan Viva Cosmetics 4,9%.
Sementara merek foundation lainnya seperti Hanasui, Make Over, Maybelline, Instaperfect, dan Luxcrime pangsanya kurang dari 4,5% seperti terlampir pada grafik.
Di samping itu riset Compas menemukan, proporsi penjualan merek lokal dan global dalam top 50 merek kategori foundation di e-commerce seimbang, masing-masing 50%.
Meskipun porsinya sama, jumlah riil penjualan foundation merek lokal lebih tinggi yaitu sebanyak 1,8 juta produk. Sedangkan merek global hanya menjual 1,4 juta produk pada paruh pertama tahun ini.
(Baca: Ini Hal yang Menarik Konsumen Belanja Kosmetik di Toko Online)