Compas, perusahaan riset pasar, merilis daftar merek toner terlaris di sejumlah e-commerce dalam negeri periode semester I 2024.
Riset ini menggunakan metode crawling atau penelusuran digital periode Januari-Juni 2024. Data yang dikoleksi berupa penjualan dari toko official maupun non-official di Shopee, TikTok Shop, Tokopedia, dan Blibli dengan rating minimal bintang 4.
Hasilnya, N’Pure menempati peringkat pertama dengan pangsa pasar sebesar 8,9% dari total volume penjualan toner di e-commerce pada paruh pertama tahun ini.
Berikutnya ada Avoskin dan Skintific yang sama-sama meraih pangsa 8,6%. Disusul oleh duo merek Korea Selatan, yaitu Skin1004 dengan 6,3% dan Pyunkang Yul 4,2%.
Sementara, merek toner lainnya seperti The Originote, Cosrx, Louisse Choise, Some by Mi, dan Anua pangsanya kurang dari 3,5%, seperti terlampir pada grafik.
Di samping itu Compas menemukan, dari top 50 merek kategori produk toner di e-commerce, sebanyak 67% di antaranya berasal dari merek lokal. Nilai penjualannya sebesar Rp277 miliar pada semester pertama tahun ini.
Sedangkan 33% lainnya berasal dari merek global, dengan total penjualan sebesar Rp174 miliar sepanjang semester I 2024.
(Baca: 10 Foundation Terlaris di E-Commerce RI, Merek Lokal Mendominasi)