Menurut laporan Populix, dari sekitar seribu orang yang disurvei, sebanyak 87% di antaranya pernah menggunakan platform belanja online kilat alias quick commerce.
Produk yang paling banyak dibeli lewat platform tersebut adalah kebutuhan dasar, dengan persentase 49% responden.
Kemudian 46% responden biasa beli camilan di quick commerce, 41% membeli kebutuhan memasak, dan 40% membeli sayur atau buah.
Ada pula konsumen yang biasa membeli produk kecantikan (36%), produk kebersihan pribadi (34%), makanan beku (33%), produk olahan susu dan minuman (31%), produk perawatan rumah (28%), dan obat-obatan (28%).
(Baca: Ini 10 Platform Belanja Online Kilat yang Disukai Warga)
Survei Populix menemukan bahwa mayoritas konsumen melakukan transaksi belanja di quick commerce antara pukul 06.00 sampai 12.00. Berdasarkan frekuensinya, mayoritas konsumen belanja 2 sampai 3 kali dalam sebulan (25%).
GoMart menjadi aplikasi quick commerce yang paling banyak disukai responden, diikuti oleh Tokopedia Now dan GrabMart Kilat.
Populix melakukan survei ini pada 5-16 Oktober 2022, dengan melibatkan 1.046 responden berusia berusia 18-55 tahun yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mayoritas atau 67% responden berada di Pulau Jawa, kemudian 16,5% di Pulau Sumatra, dan 16,5% di pulau-pulau lainnya.
(Baca: Survei: Konsumen Perempuan Paling Banyak Berburu Produk Kecantikan Saat Harbolnas)