Generasi Z dan milenial Indonesia ternyata lebih memilih merek olahraga lokal daripada internasional.
Ini terlihat dari survei Indonesia Sports Habits and Healthy Lifestyle Part 2 dari Jakpat bahwa ada 77% gen Z dan 74% milenial yang pilih merek lokal. Proporsi itu lebih tinggi dari pemilih merek internasional, yakni 44% gen Z dan 48% milenial dengan opsi multiple answers.
Merek olahraga lokal terfavorit pertama dari kedua generasi itu adalah Specs dengan rincian 17% gen Z dan 14% milenial.
Kedua, Mills dengan rincian 8% gen Z dan 7% milenial. Ketiga, Eiger, dengan detail 4% gen Z dan 5% milenial.
Ada juga Ortuseight dengan rincian 8% gen Z dan 2% milenial. Terakhir, Eagle, yang dipilih masing-masing 4% gen Z dan milenial.
Survei merek olahraga lokal ini menyasar 2.955 responden yang menggunakan produk dalam negeri. Namun survei habit olahraga dan hidup sehat secara umum melibatkan 3.934 responden. Adapun latar responden secara keseluruhan terdiri atas 48% laki-laki dan 52% perempuan. Berdasarkan kelompok generasi, yakni 51% gen Z dan 49% milenial.
Rincian usia responden, yakni 16-19 tahun sebesar 14%; 20-25 tahun sebesar 22%; 26-29 tahun 14%; 30-35 tahun sebesar 22%; 36-39 tahun sebesar 14%; dan 40-45 tahun sebesar 13%.
Sampel diambil di Jabodetabek dan Tangerang Selatan; Jawa meliputi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten (kecuali Tangerang dan Tangsel), Yogyakarta; luar Jawa meliputi kota besar di Bali, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Samarinda, Balikpapan, Manado, Makassar, Jayapura. Survei dilakukan secara online melalui aplikasi Jakpat yang dikoleksi pada 22-28 April 2024 dengan margin error di bawah 5%.
(Baca juga: 5 Merek Olahraga Internasional Favorit Gen Z dan Milenial Indonesia)