Menurut data Euromonitor, pada tahun 2021 ada sebanyak 1.696 gerai ritel hypermarket dan supermarket di Indonesia.
Hypermarket adalah gerai ritel dengan luas lebih dari 2.500 meter persegi, dengan fokus penjualan komoditas makanan, minuman, tembakau, serta kebutuhan harian konsumen lainnya.
Sedangkan supermarket adalah gerai ritel dengan luas antara 400-2.500 meter persegi, dengan fokus penjualan komoditas sama seperti di atas.
Pada 2021, perusahaan ritel kategori hypermarket dan supermarket di Indonesia yang memiliki gerai terbanyak adalah Super Indo, yakni 180 gerai.
Hypermart berada di posisi kedua dengan 100 gerai, diikuti Carrefour 70 gerai, Transmart-Carrefour 60 gerai, Lotte Mart 45 gerai, dan Farmer's Market 35 gerai.
Jika diakumulasikan, seluruh usaha ritel kategori hypermarket dan supermarket di Indonesia mencatatkan nilai penjualan total sebesar US$5,17 miliar pada 2021.
(Baca Juga: Ritel Tradisional Dominasi Usaha Penjualan Eceran di Indonesia)