Produk mi instan asal Indonesia tidak hanya menyasar pangsa pasar dalam negeri, tetapi telah menyasar ke pasar global. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor mie instan mencatatkan penurunan pada 2021.
BPS mencatat, nilai ekspor mi instan dari Indonesia mencapai US$246,73 juta pada 2021. Nilainya turun 9,1% dari tahun sebelumnya yang mencapai US$271,33 juta.
Penurunan nilai ekspor mi instan pada tahun lalu menjadi yang pertama kalinya dalam lima tahun terakhir. Nilai ekspor mi instan tercatat meningkat sejak 2017 hingga 2020 dengan kenaikan rata-rata 15% per tahun.
Adapun, Malaysia menjadi negara tujuan utama ekspor mi instan Indonesia. Nilai ekspor mi instan ke negara Jiran tersebut mencapai US$79,32 juta.
Australia berada di posisi kedua dengan nilai ekspor mi instan mencapai US$24,33 juta. Timor Timur dan Singapura menyusul dengan nilai ekspor masing-masing US$12,11 juta dan US$11,13 juta.
(Baca Juga: 10 Makanan Junk Food Paling Digemari Masyarakat Indonesia)