Jagat media sosial tengah diramaikan dengan tren No Buy Challenge. Tren ini mengajak masyarakat untuk melawan budaya konsumerisme dengan mengurangi pembelian barang non-esensial sepanjang 2025.
Hasil survei Populix menunjukkan, sebanyak 76% dari total responden menyatakan tertarik untuk mengikuti kampanye ini.
Berdasarkan kategorinya, gadget atau elektronik jadi barang yang paling banyak dihindari responden untuk dibeli tahun ini dengan proporsi 33%.
Barang berikutnya adalah barang dekorasi atau hobi serta pakaian dan aksesoris, dengan proporsi masing-masing 24%
Lalu pembelian makanan atau minuman non-esensial seperti kopi atau snack dihindari oleh 10%. Disusul skincare atau kosmetik 4% dan barang lainnya 5%.
Populix juga merekam sejumlah cara responden agar lebih bijak dalam mengelola keuangan di 2025. Hasilnya, 33% akan membuat daftar kebutuhan sebelum belanja.
Ada pula responden yang hanya membeli barang ketika benar-benar diperlukan (19%); mencatat pengeluaran secara rutin (11%); dan menghindari godaan diskon online shop.
Survei Populix ini digelar secara online melalui kanal PopPoll periode 6-7 Januari 2025 dengan melibatkan 886 responden.
(Baca: Celios: PPN 12% Tambah Beban Pengeluaran Rumah Tangga)