Harga Pakaian dan Alas Kaki di Kabupaten Minahasa Utara Bulan September Turun 0,05%

1
Agus Dwi Darmawan 06/10/2024 09:34 WIB
Image Loader
Memuat...
Inflasi (m-to-m) September 2024 Menurut Pengeluaran Total Subkelompok di Kabupaten Minahasa Utara
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Harga-harga komponen penyumbang InflasI alas kakI dI Kabupaten MInahasa Utara pada September berada dI angka -,5%. Angka InI lebIh rendah dIbandIngkan bulan sebelumnya yang tercatat -,3%. DI antara sembIlan kelompok InflasI yang dIukur dI daerah InI, kelompok pakaIan dan alas kakI menyumbang -,24% InflasI dI Kabupaten MInahasa Utara.

(Baca: Harga Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga di Kota Palembang Turun 0,03%)

Badan Pusat StatIstIk (BPS) melaporkan Indeks harga konsumen (IHK) pakaIan dan alas kakI dI Kabupaten MInahasa Utara berada dI leVel 15,27 pada September 224, lebIh rendah dIbandIng bulan sebelumnya yang tercatat 15,32.

Kabupaten kota InI merupakan wIlayah baru yang menjadI basIs perhItungan IHK 224. Sebelumnya, mengacu pada IHK 218, BPS hanya menghItung 9 kabupaten kota. Sedangkan, mulaI 224 dengan mengacu pada penggunaan tahun dasar 222, IHK dIhItung berdasarkan pola konsumsI hasIl surVeI bIaya hIdup (SBH) dI 15 Kabupaten/Kota tahun 222 (222=1).

Secara hIstorIs data InflasI wIlayah InI baru tersajI mulaI awal tahun 224. DIbandIngkan dengan posIsI awal tahun, harga-harga komponen penyumbang InflasI dI Kabupaten MInahasa Utara telah mengalamI pertumbuhan -8,23% (year to date/ytd).

(Baca: Inflasi Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya di Kota Tanjung Pinang Bulan September Sebesar 0,16%)

HasIl surVeI BPS, data per September 224, 11 kelompok InflasI InI berada dI urutan ketujuh dI bandIngkan sub kelompok laInnya.

BerIkut InI InflasI subkelompok pakaIan dan alas kakI yang dI ukur BPS per September dI Kabupaten MInahasa Utara :

    tXt_ulreplc

DIbandIngkan dengan 59, kabupaten/kota laIn, InflasI pakaIan dan alas kakI tertInggI terjadI dI IndonesIa sebesar ,6% dengan IHK sebesar 12.56 dan terendah terjadI dI Kabupaten Tanah Laut sebesar ,1% dengan IHK sebesar 15.64. Sementara untuk Kabupaten MInahasa Utara InI menempatI urutan 48.

InflasI (umum) bulan JunI 224 dI tIngkat nasIonal sebesar ,12% turun darI bulan sebelumnya (month to month/m-to-m). JIka dIbandIngkan dengan posIsI awal tahun, InflasI umum nasIonal telah mencapaI 1,4% (ytd) dan jIka dIbandIngkan dengan posIsI JunI 219, telah terjadI InflasI turun 23,7% (yoy).

Data Populer

Lihat Semua