Kompetisi Video Pendek Kompetisi Video Pendek

Harga Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga di Kota Bekasi Bulan Juni Turun 0,39%

1
Agus Dwi Darmawan 24/07/2024 11:26 WIB
Image Loader
Memuat...
Inflasi (m-to-m) Juni 2024 Menurut Pengeluaran Total Subkelompok di Kota Bekasi
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Harga-harga komponen penyumbang inflasi barang dan layanan untuk pemeliharaan rumah tangga rutin di Kota Bekasi pada Juni lalu turun 0,39%. Angka ini lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat -0,1%. Di antara tujuh kelompok inflasi yang diukur di daerah ini, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga menyumbang -0,23% inflasi di Kota Bekasi.

(Baca: Minyak Sawit hingga Rempah, Ini Hasil Perkebunan Rakyat 2023)

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga di Kota Bekasi berada di level 102,38 pada Juni 2024, lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 102,78.

Bila dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, inflasi perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga telah turun 9,33% (year on year/yoy). Sementara jika dibandingkan dengan posisi awal tahun, harga-harga komponen penyumbang inflasi di Kota Bekasi telah mengalami pertumbuhan -0,25% (year to date/ytd).

Dibandingkan dengan 11 kelompok lainnya, inflasi kelompok ini berada di urutan ketujuh.

(Baca: Penduduk Kabupaten Kepulauan Anambas Mengeluarkan Rp836.92 per Kapita per Minggu untuk Membeli Daging Sapi)

Berikut ini inflasi subkelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga yang di ukur BPS per Juni di Kota Bekasi :

  • Kelompok barang dan layanan untuk pemeliharaan rumah tangga rutin -0,39%
  • Kelompok peralatan rumah tangga 0,01%
  • Kelompok furnitur, perlengkapan dan karpet 0,1%
  • Kelompok barang pecah belah dan peralatan makan minum 0,72%
  • Kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga -0,23%
  • Kelompok tekstil rumah tangga satu%

Dibandingkan dengan 133 kabupaten/kota lain, inflasi perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga tertinggi terjadi di Maumere sebesar 1,17% dengan IHK sebesar 106.42 dan terendah terjadi di Kabupaten Sidenreng Rappang turun 1,02% dengan IHK sebesar 97,36. Sementara untuk Kota Bekasi ini menempati urutan 125.

BPS mencatat, inflasi Juni 2024 mencapai 0,12% secara bulanan dan -23,07% secara tahunan. Meski tercatat lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulanan sebelumnya, tingkat inflasi bulanan ini tidak setinggi periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar 3,28%.

Data Populer

Lihat Semua