Kementerian Kesehatan Buka 23 Ribu Formasi CPNS dan PPPK 2024, Ini Rinciannya

Ketenagakerjaan
1
Nabilah Muhamad 03/04/2024 16:26 WIB
Formasi CASN di Kementerian Kesehatan (2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membuka lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 untuk 23.200 formasi.

Jumlah tersebut terdiri dari calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebanyak 8.607 formasi dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dengan 14.593 formasi. 

Formasi tersebut telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PARNRB) sebanyak 100%. Ini diharapkan dapat berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

“Kementerian PANRB mendukung penuh upaya Kemenkes dalam upaya pemenuhan dan pemerataan SDM kesehatan di Tanah Air," kata Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam keterangannya, Selasa (2/4/2024). 

Anas menyebut, pemenuhan formasi Kemenkes tersebut masih akan didukung oleh SDM kesehatan yang tersebar di sejumlah kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. 

“Misalnya rumah sakit dan klinik di kampus-kampus, belum lagi di daerah-daerah. Semuanya saling menopang untuk mewujudkan layanan yang baik dan merata,” katanya. 

Secara persentase, persetujuan formasi Kemenkes memiliki angka yang lebih tinggi dibanding instansi lain dengan rata-rata persetujuan berkisar 70-80% dari usulan yang diajukan. 

Saat ini, pemerintah tengah menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Manajemen ASN, yang salah satunya memuat skema intensif bagi tenaga kesehatan yang bertugas di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). 

“Kemarin juga kami bahas usul dari Pak Menkes bahwa telah dipetakan 148 kabupaten/kota, termasuk di dalamnya 3T, yang beberapa dokter akan direkrut sebagai PNS Kemenkes,” kata Anas. 

Terpisah, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, formasi CASN tahun ini sekaligus untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di Ibu Kota Negara (IKN). 

"Karena kebetulan kita bangun rumah sakit di IKN. Kebutuhan antara 800-1000 posisi. Pak Menteri PANRB alokasikan dengan cukup," kata Budi.

(Baca: THR dan Gaji ke-13 ASN 2024, Tertinggi Rp26 Juta)

Data Populer
Lihat Semua