Pengangguran Muda Lebih Banyak Ditemukan di Negara Menengah-Atas

Ketenagakerjaan
1
Erlina F. Santika 25/03/2024 19:40 WIB
Estimasi Tingkat Pengangguran Kaum Muda dan Dewasa Berdasarkan Kelompok Pendapatan Negara (November 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

International Labour Organization (ILO) menyebut, tingginya pengangguran kaum muda terjadi di semua kelompok pendapatan negara. Sementara pengangguran usia dewasa, secara proporsi masih jauh di bawah pengangguran muda.

Negara-negara berpendapatan menengah ke atas diperkirakan memiliki tingkat pengangguran kaum muda tertinggi, yaitu 15,5% dari total pengangguran pada 2023. Sedangkan pengangguran dewasanya mencapai 4,2%. Indonesia termasuk dalam kelompok pendapatan ini.

Negara berpendapatan menengah ke bawah juga mengantongi angka pengangguran kelompok muda yang cukup tinggi, yakni 13,8%. Disusul pengangguran usia dewasa sebesar 3,4%.

Negara berpenghasilan tinggi pun memiliki tingkat pengangguran kaum muda yang tinggi, yakni 10,4%. Sementara pengangguran dewasa sebesar 3,8%.

Terakhir, negara berpendapatan rendah, memiliki pengangguran kaum muda sebesar 9,2%. Meski terlihat paling kecil dibanding kelompok negara lainnya, tingkat pengangguran dewasanya mencapai 4,5%--menjadi yang tertinggi di antara kelompok lain.

Secara keseluruhan, ILO mengestimasikan anak-anak muda yang menganggur sebanyak 13,3% dari total pengangguran di dunia. Sementara usia dewasa sebesar 3,9%.

(Baca juga: Pertumbuhan Lapangan Kerja Global Melambat pada 2023)

Data Populer
Lihat Semua