Daftar Salad Terbaik Asia Tenggara Versi Taste Atlas 2023, Kuliner Indonesia Juaranya!

Produk Konsumen
1
Nabilah Muhamad 18/12/2023 14:41 WIB
Skor 10 Salad Terbaik di Asia Tenggara Versi Taste Atlas (29 November 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan data situs panduan kuliner asal Kroasia, Taste Atlas, kuliner Indonesia mendominasi daftar salad terbaik di Asia Tenggara pada 2023. 

Tercatat, 5 dari 10 daftar salad terbaik se-Asia Tenggara diisi oleh kuliner khas Nusantara. Gado-gado dan ketoprak berturut-turut menduduki urutan kelima dan keenam dengan perolehan skor 4,1 dari skala 5 poin. 

Gado-gado merupakan salad tradisional asal Indonesia, biasanya terdiri atas berbagai macam sayuran yang direbus sebentar, telur, tempe, dan tahu. Kemudian disajikan bersama saus kacang dan dilengkapi dengan kerupuk udang. 

"Hidangan ini merupakan representasi sejati dari jajanan kaki lima Indonesia, dan telah hadir dalam budaya Indonesia sejak abad ke-16," tulis Taste Atlas dalam laporannya, Rabu (29/12/2023). 

Adapun ketoprak terbuat dari kombinasi tahu goreng, lontong, bihun, tauge, kol, dan mentimun. Sama seperti gado-gado, hidangan ini juga disajikan bersama saus kacang dengan tambahan kecap manis, bawang goreng, dan kerupuk.  

Selain itu, kuliner Tanah Air lainnya yang masuk ke dalam daftar ini adalah karedok, asinan, dan rujak cingur. Ketiganya mendapatkan skor yang sama, yakni masing-masing sebesar 4 poin. 

Peringkat pertama salad terbaik di Asia Tenggara dihuni oleh som tam. Salad sayur asal Thailand ini memperoleh skor 4,3 poin, posisinya sejajar dengan larb—salad daging dari Laos, yang meraih skor serupa. 

Berikut daftar lengkap 10 salad terbaik di Asia Tenggara per 29 November 2023 versi Taste Atlas:

  1. Som tam (Thailand): 4,3 poin
  2. Larb (Laos): 4,3 poin
  3. Yum woon sen (Thailand): 4,2 poin
  4. Bok i'hong (Kamboja): 4,2 poin
  5. Gado-gado (Indonesia): 4,1 poin
  6. Ketoprak (Indonesia): 4,1 poin
  7. Som tam khai khem (Thailand): 4,1 poin
  8. Karedok (Indonesia): 4 poin
  9. Asinan (Indonesia): 4 poin
  10. Rujak cingur (Indonesia): 4 poin 

Selain itu, adapun kuliner Tanah Air lainnya yang masuk jajaran salad terbaik di Asia Tenggara, yakni urap (peringkat ke-15) dan lalap (peringkat ke-16) yang sama-sama meraih skor 3,9 poin, diikuti selat solo (peringkat ke-18) dengan 3,5 poin. 

(Baca juga: Deretan "Street Food" Terbaik di Asia Tenggara, Kuliner Indonesia Mendominasi)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua